IAIN Manado-[Selasa, 6 Juli 2021) Kaprodi MPI Sulfa Potiua, M.Pd.I dan Sekretaris Prodi MPI Abdul Muis Daeng Pawero, M.Pd bersama Kaprodi dan Sekretaris Prodi serta pengelola jurnal program studi di lingkup FTIK turut menghadiri rapat koordinasi dalam rangka penguatan publikasi ilmiah di tingkat program studi dalam bentuk jurnal ilmiah.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Dekan FTIK Dr. Ardianto, M.Pd. Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut Wakil Dekan I Dr. Mutmainah, M.Pd, Wakil Dekan II Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I. Rapat yang berlangsung selama 90 menit tersebut, juga turut dihadiri oleh ketua LP2M Dr. Arhanuddin, M.Pd.I serta pengelola Jurnal Al-Syir’ah sekaligus koordinator Rumah Jurnal IAIN Manado, Faradilah Hasan, M.HI.

Dekan FTIK dalam penyampaiannya menuturkan bahwa pembentukan jurnal di tingkat program studi adalah upaya fakultas untuk terus melakukan penguatan jurnal fakultas dan program studi. Ia melanjutkan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, maka pengelola jurnal di tingkat fakultas dan program studi harus berkoordinasi secara aktif guna meningkatkan kapasitas jurnal masing-masing.

Faradila Hasan, M.HI selaku pengelola jurnal terakreditasi Sinta 2, turut menyampaikan beberapa point penting yang harus dipahami oleh editor jurnal, diantaranya terkait penguatan pengelolaan jurnal dan percepatan akreditasi serta pengelolaan jurnal berbasis Open Journal System (OJS). Ia juga menyampaikan terkait dengan teknis pengusulan ISSN Jurnal, pengelolaan OJS serta pedoman pengelolaan jurnal berbasis OJS.

Selanjutnya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Dr. Arhanuddin, M.Pd.I yang juga turut hadir menyampaikan tentang pentingnya publikasi ilmiah di tingkat prodi, salah satunya jurnal ilmiah program studi. Hal ini karena yang menjadi salah satu penilaian akreditasi program studi adalah jurnal ilmiah program studi. Dr. Arhanuddin juga menjelaskan pengalaman-pengalamannya sebagai pengelola jurnal.

Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Rumah Jurnal FTIK sebagai wadah komunikasi dan koordinasi para pengelola jurnal masing-masing program studi di lingkup FTIK untuk penguatan kapasitas Jurnal sehingga memudahkan pencapaian target pengelolaan jurnal, yaitu jurnal terkreditasi.* (admin)  


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *