Plt. Kaprodi MPI Sampaikan Hikmah dan Do’a Halal Bihalal, Umat Kristiani Turut Hadir

Bertempat di kompleks perumahan Cozy Home Kalawat, Desa Watutumou kabupaten Minahasa Utara, sebuah perkumpulan yang tergabung dalam kelompok kerukunan keluarga Cozy Home Kalawat, turut andil merayakan tradisi halal bihalal yang diselenggarakan di rumah salah satu anggota kelompok kerukunan pada Minggu, 21 April Jam 18.30 WITA.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota kelompok kerukunan yang beragama Kristen, sebagai bentuk penghargaan serta silaturahim kepada umat muslim khususnya anggota warga perumahan cozy home Kalawat yang turut merayakan tradisi halal bi halal.

Fenly Bolang selaku ketua kelompok kerukunan Cozy Home Kalawat dalam sambutannya menyampaikan bahwa meskipun kegiatan ini merupakan kegiatan umat muslim namun beberapa keluarga dari umat Kristiani juga turut berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini, di antaranya menyumbang sejumlah uang, beras, hingga air mineral.

Abdul Muis selaku plt. Kaprodi MPI dalam menyampaikan hikmah halal bihalal sekaligus do’a

Abdul Muis Daeng Pawero, M.Pd selalu plt. Kaprodi MPI juga turut hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus menyampaikan hikmah halal bihalal dan do’a.

Dalam ceramahnya, Abdul Muis menyampaikan bahwa halal bihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dirayakan beberapa hari pasca Hari Raya Idul Fitri sebagai bagian dari bentuk rasa syukur atas proses yang telah dilalui selama bulan suci Ramadhan. Tradisi yang merupakan ucapan syukur ini biasanya dirangkaikan dengan silaturahim dengan mengundang keluarga, tetangga, sahabat dan kerabat serta merayakannya dengan makan bersama.

Muis juga menyampaikan bahwa tradisi halal bihalal merupakan tradisi organik. Artinya tradisi ini memiliki hikmah yang besar yaitu dapat merekatkan dan menguatkan tali persaudaraan, persahabatan, kekeluargaan, dan perdamaian antar umat manusia.

Hikmah halal bihalal kemudian dilanjutkan dengan do’a penutup, untuk selanjutnya diakhiri dengan makan bersama serta diskusi ringan dan foto bersama* (admin)

Foto bersama sesudah kegiatan

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts