Manado, 20 Agustus 2024 – Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sukses menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Ponosakan Belang yang berlokasi di MA Muhammadiyah Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Kegiatan yang dihadiri oleh siswa dan unsur pemuda Desa Belang Ponosakan ini, difokuskan pada upaya peningkatan minat literasi di kalangan Generasi Z. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk Sosialisasi Visi, misi dan tujuan Program studi dan profil Lulusan Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Dalam kesempatan ini, Kaprodi MPI, Abdul Muis Daeng Pawero, M.Pd menyampaikan materi mengenai tantangan yang dihadapi oleh Generasi Z di era digital. Beliau menggarisbawahi bahwa minat literasi di kalangan Generasi Z cenderung menurun, seiring dengan meningkatnya teknologi digital dan media sosial. “Generasi kita hari ini lebih banyak terpapar oleh berbagai informasi yang belum tentu benar dan minim saring. Ini menjadi tantangan besar untuk menumbuhkan budaya literasi yang kritis dan konstruktif,” ungkap Abdul Muis dalam materinya.

Tidak hanya materi, mahasiswa MPI yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini juga mengadakan serangkaian edukasi interaktif. Melalui berbagai games dan tantangan, para mahasiswa berhasil memantik semangat literasi di antara para peserta. Edukasi yang disampaikan secara kreatif dan menyenangkan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan minat baca dan keterampilan literasi di kalangan siswa dan pemuda setempat.

Kegiatan pengabdian ini mendapat sambutan positif dari para peserta dan diharapkan menjadi langkah awal untuk program-program serupa di masa mendatang, yang lebih fokus pada pemberdayaan literasi di kalangan Generasi Z* (admin).

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts